feedburner
Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

feedburner count

Model Pembelajaran

TEORI TABULA RASA
(JOHN LOCKE)
Memindahkan pengetahuan dari guru ke siswa
Mengisi botol kosong dengan pengetahuan
Mengkotak-kotakkan siswa
Memacu siswa dalam kompetisi bagaikan ayam aduan
TEACHING ke LEARNING
Pengajaran berubah ke Pembelajaran
Pengetahuan ditemukan, dibentuk, dan dikembangkan siswa
Siswa membangun pengetahuan secara aktif
Guru perlu berusaha mengembangkan kompetensi siswa
Pendidikan adalah interaksi pribadi di antara para siswa dan interaksi antara guru dan siswa
TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan menggunakan model pembelajaran
Mengajak guru untuk menerapkan model
pembelajaran yang memungkinkan siswa
Belajar lebih aktif
Kreatif
Menyenangkan
Bermakna

MODEL PEMBELAJARAN
COOPERATIVE LEARNING
CREATIVE LEARNING
COOPERATIVE LEARNING
Mencari pasangan; siswa mencari pasangan sambil mengenal konsep/topik
Bertukar pasangan; memberi kesempatan pada siswa untuk bekerja sama dengan orang lain
Berpikir-Berpasangan-Berempat; menciptakan kegiatan pembelajaran bergotong royong
Berkirim salam dan soal; siswa berkesempatan untuk melatih pengetahuan dan keterampilan

Kepala Bernomor; siswa berkesempatan untuk saling membagikan ide-ide dan mempertimbangkan jawaban yang tepat
Kepala Bernomor Terstruktur; siswa belajar melaksanakan tanggung jawab pribadinya dalam saling keterkaitan dengan teman-teman kelompoknya
Dua Tinggal Dua Tamu; memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk membagikan hasil dan informasi dengan kelompok lain
Jigsaw; guru memperhatikan latar belakang siswa dan membantu siswa mengaktifkan latar belakang itu agar pembelajaran menjadi lebih bermakna.
CREATIVE LEARNING
Mengarang Beranting;
Mengamati Gambar dan Bercerita atau Mengarang;
Pengembangan Fantasi Korelatif;
Pengembangan Fantasi Komplementer;
Pengembangan Fantasi dengan Intonasi;





0 komentar:

Posting Komentar